CACING CANTIK

Industri Farmasi Butuhkan Cacing Tanah

Untitled-1

SEJUMLAH industri farmasi membutuhkan cacing tanah sebagai bahan baku produk mereka, termasuk produk kosmetika.

Cacing tanah yang dihasilkan dari budi daya masyarakat, bakal diserap industri tersebut. Denny Ferdian dari Banana Enterprise Semarang yang telah membudidayakan cacing di Kota Semarang mengungkapkan, pasar cacing tanah sangat baik.

Hewan melata ini salah satunya dibutuhkan sebagai bahan baku kosmetik dan farmasi. ‘’Yang jelas tidak susah atau kesulitan untuk menjualnya. Karena sejumlah pabrik farmasi bersedia menampungnya untuk dijadikan obat,’’kata dia.

Budi Daya

Bahkan, Denny bersedia membelinya. Pihaknya berharap pemerintah kabupaten/kota memberikan dukungan kelompok masyarakat yang ingin melakukan budi daya cacing tanah ini. Apalagi di sejumlah daerah di provinsi ini kini banyak kampung organik, kondisi ini bisa dimanfaatkan untuk budi daya cacing tanah.

Hasilnya menguntungkan karena cacing tanah memiliki nilai ekonomi tinggi, sehingga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat. Menurut Denny Ferdian, pihaknya siap memfasilitasi masyarakat yang hendak membudidayakan cacing tanah.

Termasuk mendatangkan pakar dan konsultan yang selama ini telah membantu masyarakat. Menurut Denny Ferdian, budi daya cacing tanah sangat mudah, karena berkembangbiaknya sangat cepat. Cacing tidak memiliki jenis kelamin sehingga tidak perlu melakukan proses perkawinan.

Ia pun memastikan, budi daya cacing tanah bisa menjadi bisnis yang sangat menguntungkan dengan biaya kecil. ‘’Budidaya ini otomatis memberikan kontribusi pada pengurangan jumlah sampah organik secara signifikan,’’ tuturnya. (Agustadi- 79)

http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/industri-farmasi-butuhkan-cacing-tanah/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s